Sektor Perkebunan Enrekang Tumbuh 30 Persen Dimasa Pandemi Covid-19

ENREKANG — Bupati Enrekang, H Muslimin Bando menyebut dimasa pandemi Covid-19 sektor perkebunan yang menjadi mata pencaharian utama masyarakat tak berpengaruh banyak.

“Bahkan justru mengalami peningkatan sekitar 30 persen.,” papar MB saat menerima kunjungan tim Harian PAREPOS, di Mitra Farm Maiwa, Rabu 4 Agustus.

Muslimin menjelaskan, peningkatan ekonomi dari hasil perkebunan menjadi pendorong utama pendapatan daerah. Buktinya, sejumlah daerah mengalami pemerosotan, Enrekang malah naik selama masa pandemi baik dari sektor perkebunan dan perhotelan.

Kepada tamunya dari Parepos, Bupati Enrekang dua periode itu juga mengulas sedikit mengenai Mitra Farm dan pilihannya berkebun selama pandemi.

“Ini lahan HGU seluas 20 hektare, yang sudah setahun lebih kita kelola. dimana selain pengembangan pertanian, perkebunan dan juga perikanan,” jelasnya.

“Saya kesini sejak pandemi. Selain memberdayakan masyarakat sekitar, kita juga refresing, sekaligus menjaga imun tubuh,” tambahnya.

Seperti diketahui, data Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan sektor perkebunan dan pertanian secara nasional mampu tumbuh 1,75 persen sepanjang 2020. Ini menggambarkan pertanian mampu menjadi salah satu sektor yang mendorong perekonomian di masa pandemi covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *