Pemkab Enrekang Mulai Persiapkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Lutra

Enrekang, – Banjir Bandang yang terjadi di Masamba Luwu Utara Senin (13/07/2020) mengakibatkan ribuan warga harus mengungsi.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Enrekang turut mengambil peran dalam meringankan beban para korban bencana di Luwu Utara tersebut.

Pemkab Enrekang mulai mempersiapkan sejumlah bantuan untuk disalurkan ke korban banjir di Luwu Utara.

Pemkab telah menerbitkan surat edaran kepada seluruh OPD, BUMN/BUMD, camat, lurah/desa dan Baznas Enrekang untuk segera bersinergi dan mempersiapkan bantuan untuk korban banjir di Luwu Utara.

Kabid Humas dan Komunikasi Publik Diskominfo Enrekang, Lubis Rahman mengatakan, saat ini Pemkab Enrekang dalam tahap pengumpulan bantuan.

Pengumpulan bantuan sudah dilakukan sejak 14-18 Juli mendatang sebelum disalurkan.

Bantuan yang dikumpulkan nantinya akan disatukan di Dinas Sosial Kabupaten Enrekang.

“Pengumpulan bantuan untuk korban banjir Lutra, kita perperpanjang sampai hari Sabtu, kepada OPD yang belum mengumpulkan bantuan diharap sudah menyetor di Dinsos paling lambat Sabtu nanti,” kata Lubis, Kamis (16/7/2020).

Ia menjelaskan, bantuan yang saat ini dkumpulkan sudah ada sembako, pakaian, obat-obatan dan air mineral.

Namun, pihaknya juga masih akan mengumpulkan beberapa bantuan lagi sebelum disalurkan.

Apalagi setelah berkoordinasi dengan Bupati Lutra maka bantuan yang paling dibutuhkan saat ini oleh pengungsi ada beberapa aspek.

Yakni tikar, pakaian luar dan dalam pria wanita dan balita, selimut, sarung, perlengkapan mandi, genset dan alat kelistrikan, tandon air, dapur umum dan perlengkapannya.

Serta pelengkapan posko darurat, pakaian bayi, BBM dan obat-obatan seperti obat flu, diare dan lainnya.

“Jadi itu keperluan dari para korban disana, kita masih sementara siapkan sebelum kita kesana salurkan,” ujarnya.

Lubis menambahkan, sekarang hampir semua desa, komunitas, pengusaha, mahasiswa dan pelajar di Enrekang juga terus menggalang bantuan untuk korban banjir Lutra.

Ada yang menyalurkan langsung bantuan ke lokasi dan ada juga yang mengumpulkan bantuannya di Dinsos gabung dengan Pemda. (mcenrekang.lubis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *