Pemda Enrekang Peringati Hardiknas 2024, Siap Lanjutkan Merdeka Belajar

Berita Pemerintahan Pendidikan

ENREKANG — Pemda Enrekang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, dengan menggelar upacara di Kantor Bupati Enrekang, Kamis (2/5).

Upacara dihadiri Pj Bupati Enrekang H Baba, pimpinan DPRD, forkopimda, jajaran Pemda Enrekang, dan perwakilan instansi pendidikan.

Hardiknas 2024 mengangkat tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. 

Pj Bupati membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Mendikbudristek menyampaikan terima kasih atas dedikasi para pendidik dan tenaga kependidikan, dalam melaksanakan kurikulum merdeka.

“Kita sudah mulai merasakan perubahan yang terjadi di sekitar kita digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak, wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan merdeka belajar” kata Pj Bupati membacakan sambutan Mendikbud.

Mendikbud sekaligus pamit, dan berharap Program Merdeka Belajar dapat berlanjut.

“saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,”

Pj Bupati H Baba mengatakan, Enrekang telah mulai menerapkan kurikulum merdeka sejak tahun lalu secara bertahap.

Program Merdeka Belajar dinilai berhasil mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik. Pada Kurikulum Merdeka, guru dapat mengenali potensi murid lebih dalam guna menciptakan pembelajaran yang relevan. Kurikulum Merdeka juga memungkinkan guru untuk menerapkan pembelajaran yang menyenangkan karena bisa dilakukan melalui pembelajaran berbasis projek. 

“Kita berharap Kurikulum Merdeka melahirkan generasi emas Kabupaten Enrekang yang siap mewjudkan Indonesia Emas 2045. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” tutup Bupati.