Bupati Enrekang Muslimin Bando Teken MoU dengan Bupati PPU, Enrekang Tingkatkan Suplai Pangan ke IKN

Uncategorized

Ibu Kota Baru Bergantung pada Produk Pangan dari Petani Enrekang, Muslimin Bando Siap Genjot Produksi

PENAJAM PASER UTARA — Bupati Enrekang Muslimin Bando dan Bupati Penajam Paser Utara Hamdam, menandatangani nota kesepakatan bersama. Sabtu 13 Mei 2023.

Kesepakatan ini diteken oleh kedua pihak, dalam kunjungan Bupati MB di Kabupaten Penajam Paser Utara dalam rangkaian kegiatan Himpunan Keluarga Massenrempulu (Hikma).

Bupati PPU mengatakan, kesepakatan bersama ini meliputi 5 bidang. Masing-masing pengembangan infrastruktur; perekonomian; pertanian; kebudayaan; dan
peningkatan sumber daya manusia.

Enrekang menjadi satu dari sekian daerah yang bekerjasama dengan PPU, sebab dinilai telah maju di sejumlah bidang strategis. Seperti pertanian dan sumber daya manusia.

Yang menjadi prioritas salah satunya sektor pangan. Ibu kota negara (IKN Nusantara) -yang sebagian wilayahnya ada di PPU- tidak lama lagi beroperasi, membuat daerah ini harus bersiap menghadapi lonjakan kebutuhan pangan.

“Kita sudah berusaha maksimal melakukan terobosan untuk meningkatkan produktivitas di sektor pangan. Namun tetap tidak akan terkejar dengan perkembangan penduduk di PPU,” beber Hamdam.

Kedepan, Kabupten Enrekang diharap meningkatkan suplai pangan ke Kalimantan, khususnya di PPU. Bupati MB pun menyanggupi, dan optimis Enrekang siap menyambut kehadiran IKN.

“Selama ini Enrekang yang menyuplai sebagian besar kebutuhan pangan di beberapa daerah di Kalimantan. Kita siap meningkatkan suplainya seiring pertambahan penduduk di IKN dan sekitarnya. Bahkan dengan Balikpapan saat ini sudah jalan kerjasama kita,” kata MB.

Ketua Golkar Enrekang ini menyebut, potensi pertanian di Enrekang masih sangat besar. Apalagi lahan tidur masih luas. Keuletan masyarakat Enrekang bertani juga sudah dikenal.

MB mengapresiasi Pemkab PPU yang memercayakan suplai pangannya dari Enrekang. Kualitas produk hortikultura Enrekang juga telah diakui. Seperti bawang merah, cabe, kol, labu siam, dan pelbagai jenis buah seperti alpukat.

Pada kesempatan ini, Bupati juga memaparkan pelbagai kemajuan yang telah dicapai Kabupaten Enrekang. Termasuk capaian-capaian di bidang pertanian seperti inovasi pertanian modern.

“Kami mengajak pemerintah dan masyarakat PPU, untuk berkunjung ke Enrekang. Banyak destinasi wisata baru yang viral. Juga warga HIKMA disini, agar menyempatkan pulang kampung melihat perkembangan daerah kita,” tandas Bupati dua periode ini. (Humas)