Sosialisasi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) dan Penyusunan Roadmap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD)

/Sosialisasi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) dan Penyusunan Roadmap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD)

Sosialisasi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) dan Penyusunan Roadmap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD)

Enrekang, -Pemerintah Kabupaten Enrekang bekerjasama dengan Bank Indonesia Sulawesi Selatan melaksanakan Sosialisasi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) dan penyusunan Roadmap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Rabu (13/10/2021).

Kegiatan berlangsung di Ruang pola Kantor Bupati Enrekang dihadiri oleh Bupati Enrekang,  Sekda, para kepala OPD Se Kabupaten Enrekang, Deputi Direktur KPW BI Provinsi Sulsel, Ali Afthan A. Azzuhdi, dan Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Enrekang. 

Bupati Enrekang dalam sambutannya menyampaikan sangat mendukung kegiatan ini guna mengoptimalkan transaksi belanja dan pendapatan daerah serta pembayaran di masyarakat secara non tunai yang berbasis digital.

“Saya berharap agar seluruh OPD dapat bersinergi saling mendukung guna mempercepat dan mengoptimalkan elektronifikasi pemda,” 

“Dengan kemudahan pembayaran ini, diharapkan menekan kebocoran transaksi dan membuat pemda lebih efektif karena menghemat waktu dalam pembayaran maupun menghimpun penerimaan pajak daerah dan retribusi.

Transaksi non tunai secara internal sangat membantu untuk mengetahui aliran transaksi yang didukung bukti-bukti yang sah, pengendalian kas dan mewujudkan tertib administrasi atas pengelolaan kas, menghasilkan laporan posisi kas secara rill, belanja lebih efektif serta pola penyerapan anggaran lebih optimal, teratur dan terukur.

Sementara Deputi Direktur KPW BI Sulsel, Ali Afthan mengatakan, dibutuhkan dukungan seluruh OPD maupun pihak terkait untuk meningkatkan IETPD di Kabupaten Enrekang. Dikatakannya, ada beberapa tingkatan IETPD, yaitu kelas inisiasi, berkembang, maju, dan sudah kelas digital.

“Kabupaten Enrekang saat ini bisa dikatakan sudah menuju daerah digital walapun semua transaksinya belum keseluruhan. Melihat posisi Kabupaten Enrekang saat ini indeks bisa mencapai level digitalisasi minimal nilai 90 bahkan kalau bisa sampai nilai 100,” kata Ali.

Kegiatan sosialisasi diisi dengan pemaparan materi Indeks Elektronifikasi Transaksi Daerah (IETPD) dan Penyusunan Roadmap TP2DD. 

By | 2021-10-13T11:30:27+00:00 October 13th, 2021|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment