PULU MANDOTI KHAS ENREKANG

Salah satu komoditi yang wajib di coba pada saat berkunjung ke Enrekang yaitu Sokko Pulu mandoti’

Menurut cerita asal usul munculnya padi beras ketan mandoti atau biasa disebut “pare pulu mandoti” berasal dari langit yang dibawa oleh Towalli dan diwariskan kepada Bolong Ulu. Bolong Ulu kemudian menanamnya di daerah Salukanan dan sekitarnya yang di peruntukkan saat kegiatan ritual adat di Salukanan.

Karena aromanya yang sangat khas sehingga di beri nama “pulu mandoti”. Keunikan dari Pulu Mandoti disamping karena aromanya yang khas/mengengat ketika dimasak, juga hanya bisa tumbuh di desa Salukanan yang meliputi dusun Gandeng, dusun Peawan, dusun Matarin dan dusun Kadoasik, dusun Awo dan dusun Salongge. Pulu Mandoti biasanya disajikan pada pesta perkawinan ataupun hajatan warga. 

Pemerintah Kabupaten juga sering menjadikan pulu Mandoti sebagai suguhan makanan untuk tamu-tamu kehormatan. Biasanya diolah dengan cara di masak dan di ulek dengan santan, ditambahkan lauk pauk berupa dangke atau bundu-bundu sebagai pasangannya. Harga beras Mandoti saat ini berkisar antara Rp.30.000 hingga Rp.60.000/liter.

(Sumber : Giat wisata Enrekang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *