Pastikan Keamanan Pangan Dimasa pandemi Covid 19, Diskepang Enrekang Melakukan Pengawasan PSAT

Enrekang, -Buah dan sayuran merupakan komoditi yang banyak dikonsumsi bagi masyarakat karena mengkonsumsi buah dan sayuran pada saat pandemi covid 19 sekarang ini sangat baik untuk menjaga dan memelihara imunitas kesehatan tubuh untuk menangkal virus.

Untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan segar asal tumbuhan (PSAT) yang beredar maka Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Enrekang melakukan pengawasan keamanan pangan segar asal tumbuhan (PSAT) pada post market dengan tujuan untuk memastikan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang beredar bebas dari cemaran residu pestisida dan formalin.

Pengawasan Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan yang beredar dilakukan oleh Petugas seksi keamanan pangan Dinas Ketahanan Langan Kabupaten Enrekang dan mahasiswa Universitas Hasanuddin di rumah buah dusun pinang kecamatan Cendana, hari Jumat, tanggal 6 Agustus 2021.

Untuk mengatahui aman atau tidak buah dan sayuran tersebut jika akan dikonsumsi maka dilakukan proses pengujian cemaran residu pestisida dan formalin secara langsung di rumah buah dengan menggunakan alat rapid test (uji cepat) residu dan pestisida karena beberapa buah-buahan dan sayuran yang dijual ditoko ini didatangkan dari luar daerah, penjelasan Abdul Malik kasi keamanan pangan. 

Adapun sampling jenis sayuran dan buah yang diuji yaitu : paprika, selada dan anggur. Semua sampel yang diuji menunjukkan hasil negatif atau aman untuk dikonsumsi.

Pengawasan dan pengujian keamanan pangan segar secara rutin dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Enrekang sebagai bagian dari satgas pangan kabupaten Enrekang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *