Kembangkan Pariwisata, Bupati Enrekang Teken Kerjasama dengan Poltekpar

ENREKANG — Pemkab Enrekang dan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Makassar resmi menjalin kerjasama pengembangan kepariwisataan.

Untuk itu, Bupati Enrekang Muslimin Bando, Kadispopar Dadang Sumarna dan Direktur Poltekpar Dr Muhammad Arifin meneken Memorandum of Understanding (MoU), di Kawasan Industri Maiwa (KIWA), Sabtu 30 Januari 2021.

Diantara poin kerjasama tersebut, Poltekpar bakal membantu Enrekang mengembangkan sektor pariwisata lewat pelbagai program. Semisal memberi diklat keterampilan kepariwisataan untuk SDM pariwisata di Enrekang.

Selain itu Poltekpar juga menyiapkan jalur khusus bagi PNS Enrekang yang hendak melanjutkan kuliahnya. Kedepan, beberapa event yang digawangi Poltekpar juga akan digelar di Bumi Massenrempulu.

“Enrekang sangat terbuka dalam kerjasama seperti ini. Kita optimis, Poltekpar dapat membantu menggenjot Pariwisata kita, dan mendongkrak PAD dari sektor ini,” kata MB didampingi Dadang.

Dadang menambahkan, pengembangan kepariwisataan Enrekang terus dilakukan. Pemerintah, kata Dadang, telah menuntaskan sejumlah infrastruktur pendukung sementara memprogramkan infrastruktur lainnya.

Beberapa destinasi wisata seperti Permandian Lewaja, Villa Bambapuang, dan jalur pendakian telah dibenahi. Anjungan Sungai Mata Allo dan kawasan Swiss pun telah dipercantik.

“Sehingga saat ini kita ingin fokus pada pengembangan SDM. Kompetensi dan keterampilan SDM pariwisata juga harus profesional dan memuaskan,” ungkapnya.

Direktur Poltekpar Dr Muhammad Arifin mengapresiasi komitmen Pemda Enrekang terus mengembangkan dunia pariwisata. Ia meyakini, potensi ekonomi dari sektor ini tidak terbatas.

“Keluarga besar Poltekpar siap bekerjasama. Apalagi Enrekang sudah punya modal luar biasa. Potensi pariwisata disini sangat bisa bersaing,” tandas Arifin. (Humas Pemkab Enrekang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *