Kades Langda Enrekang Rancang Desa Internasional, Seperti Apa?

ENREKANG — Kepala Desa Langda Kecamatan Buntu Batu, Rizal tengah merancang konsep pembangunan desa bertaraf internasional.

Desa Internasional tersebut dimaksudkan untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hal itu selaras visi Enrekang Emas.

Desa internasional memaksimalkan pengelolaan potensi lokal seperti potensi wisata, kuliner, agribisnis, ekowisata dan potensi lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka pihak tengah mempersiapkan segala perangkat yang dibutuhkan baik dari sisi sumber daya manusia (SDM), informasi dan infrastruktur dan segala perangkat yang dibutuhkan.

Di sektor SDM, Rizal akan membuat program peningkatan kapasitas dan skill pembelajaran bahasa Inggris. Kampung Inggris Baraka digandeng bekerjasama dengan menyasar milenial 50 orang.

“Yang paling penting dalam membangun desa adalah SDM. Sebelumnya kita lakukan pelatihan driver dan Alhamdulillah, lulusannya sudah kerja. Sekarang, ada juga kita kirim ke BLK Makassar untuk mengikuti pelatihan mesin. Tahun depan kita programkan pembelajaran bahasa Inggris,” kata Rizal di Kantornya, Kamis, 18 November 2021.

Selanjutnya, pihaknya juga tengah membenahi sistem informasi desa di wilayahnya. Pihaknya akan menyajikan konten informasi dalam dua versi bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang akan dipublis melalui website desa, media online, media sosial seperti facebook, intagram, Twitter, Youtube dan jenis media lainnya.

Sementara infrastruktur, pemerintah Desa Langda tengah membenahi sektor wisata. Setidaknya ada beberapa titik destinasi wisata menjadi wisata andalan di Desa Langda dengan kategori wisata Tirta seperti air terjun dan arung jeram.

“Lamami kita garap itu (wisata) tapi karna covid jadi terhambat sedikit,” sambungnya.

Bentuk lain keseriusan dalam mengembangkan pariwisata di Desanya, dirinya juga sangat aktif mengutus masyarakat untuk mengikuti berbagai pelatihan pengembangan wisata seperti pelatihan homestay, pelatihan pengembangan desa wisata, pelatihan inovasi dan higinietas kuliner, pelatihan mitigasi bencana di destinasi bencana, pelatihan pengelolaan toilet dan jenis pelatihan lainnya yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Enrekang

Dirinya sangat yakin bahwa konsep pembangunan tersebut akan terwujud dan memberikan dampak positif terutama dampak ekonomi kepada seluruh masyarakat, apalagi wilayahnya merupakan salah satu jalur wisata Latimojong yang sudah banyak dikunjungi wisatawan.

” Intinya, konsep pembangunan yang kita rancangan ini semua untuk dan demi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (Humas Pemkab Enrekang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *