Hari Tani Nasional Dengan Panen Padi Di Desa Karrang

Enrekang. Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Enrekang melaksanakan peringan Hari Tani Nasional Tahun 2020, dengan melakukan panen padi di Desa Karrang Kecamatan Cendana kamis (24/09/2020).

Adapun Luas tanam padi sampai Agustus 2020 seluas 8.640 ha, dengan luas panen padi sampai Agustus sebesar 6.399 ha.


Bupati Enrekang. H. Muslimin Bando mengatakan, kondisi bangsa yang tengah dilanda pendemi Covid-19 tidak harus menghambat dan menjadi halangan masyarakat tani dalam meningkatkan produksi hasil pertanian, karena itu warga diajak menyiapkan kebutuhan pangan dengan meningkatkan hasil pertanian.

“ kita harus menjamin ketersediaan kebutuhan pangan kita sendiri, kita tidak dapat mengandalkan pasokan dari luar dimasa covid 19 ini,” kata Bupati Enrekang H. Muslimin Bando.


Bahkan dukungan pemerintah kepada masyarakat diwujudkan dalam program percepatan tanam melalui bantuan bibit padi dan jagung, termasuk yang hari ini dipanen di Desa Karrang merupakan hasil dari bantuan bibit beberapa waktu lalu.

Bupati H. Muslimin Bando menambahkan, tema peringatan hari tani menjadikan pertanian andalan ekonomi nasional pada masa Covid-19 sangat tepat, dan untuk kabupaten Enrekang dengan luas tanam 5500 hektar lahan padi harus dimaksimalkan dalam mendukung Sulawesi-Selatan penyangga pangan nasional.

Kepala Dinas Pertanian kabupaten Enrekang Addi. M.Si mengungkapkan pemerintah daerah melalui dinas pertanian akan terus melalakukan pendampingan melalui tenaga penyuluh dengan mengupayakan hasil-hasil pertanian tetap stabil.


Sementara itu, Balai Besar Karantina Pertanian BBKP Makassar melalui Kepala Seksi Pelayanan Operasional Karantina Tumbuhan Muh. Ikbal mengungkapkan harapannya, dengan optimis produksi padi 2020 SulSel bisa tercapai walaupun tengah dilanda pendemi covid-19, dengan syarat semua daerah termasuk kabupaten Enrekang komitmen untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan tanaman pertanian.


Sebelum dilakukan panen padi, Bupati Enrekang H. Muslimin Bando didampingi Kadis Pertanian, Kadis Peternakan, dan perwakilan BBKP serta Kepala Balai Proteksi menyerahkan bantuan mesin panen untuk warga desa Karrang disaksikan Camat Cendana dan Kades Karrang. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *