Bawakan Kisah Abu Bakar Lambogo, Siswi Enrekang Bersaing di Lomba Bertutur Perpusnas RI

ENREKANG — Siswi asal Kabupaten Enrekang, Fatimah Az-Zahra tampil pada Lomba Bertutur Tingkat Nasional, yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional RI. Acara itu berlangsung via Zoom dan live di Channel YouTube Perpusnas RI, Rabu 9 September 2020.

Fatimah mewakili Sulawesi Selatan, usai menjadi yang terbaik pada ajang serupa ditingkat provinsi. Kini, siswi SD 116 Enrekang ini bersaing dengan peserta dari 33 provinsi lain se-Inpesert.

Fatimah membawakan kisah ‘Abu Bakar Lambogo’. Ia menceritakan perjuangan pahlawan asal Bumi Massenrempulu itu dalam melawan penjajah Belanda.

Dalam sambutannya, Kepala Perpusnas RI Syarif Bando mengatakan lomba itu adalah komitmen Perpusnas dalam mencerdaskan anak bangsa. Ia juga menjamin kualitas lomba tidak berkurang, meski digelar virtual akibat pandemi.

“Lewat kesempatan ini kami mengajak seluruh elemen masyarakat, agar mendukung upaya meningkatkan kegemaran membaca sejak dini, dengan kegiatan bertutur atau bercerita,” kata Syarif.

Lomba Bertutur Tingkat Nasional Tahun 2020 ini mengusung tema “Menumbuhkembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal dalam Upaya Membangun Karakter Kecerdasan, Kreativitas dan Inovasi Generasi Muda Indonesia”.

Materi dalam perlombaan ini merupakan cerita rakyat yang bermuatan lokal dari berbagai provinsi.

Sebanyak 34 judul cerita rakyat dipilih karena mengandung nilai-nilai positif bagi anak, misalnya nilai pendidikan, perjuangan, dan karakter bangsa, meliputi sikap nasionalis, sikap jujur, religius, sikap peduli lingkungan, sikap tanggung jawab, sikap disiplin, sikap kerja keras, sikap demokratis, sikap toleransi, dan sikap positif lainnya

Pemenangnya akan diumumkan pada 10 September 2020.

Kemampuan bertutur adalah hasil literasi pada tahap pemahaman dan pemaknaan apa yang tersurat dan yang tersirat, yang diperoleh dari kegiatan membaca. Sehingga relevan untuk meningkatkan minat baca anak sejak dini. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *