Pj Sekda Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah XXVIII 2024

Berita Pemerintahan Pemerintahan

Pemda Enrekang menggelar upacara pada peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVIII Tahun 2024. Upacara berlangsung di Halaman Kantor Bupati Enrekang, Kamis (25/4).

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Dr Andi Sapada, membacakan sambutan tertulis dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Hari OTDA XXVIII Tahun 2024 mengusung tema ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat’. 

Kata Pj Sekda, tema ini untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah pembangunan yang berkelanjutan, dengan memperhatikan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Pemerintah diminta menerapkan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk masyarakat dan generasi mendatang.

Perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat abad merupakan momentum yang tepat untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah

Otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, di antaranya kesejahteraan dan demokrasi. 

“Setelah 28 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah,” katanya. 

Upacara dihadiri jajaran forkopimda, Ketua DPRD, para pimpinan instansi vertikal dan BUMN, serta jajaran ASN Pemda Enrekang.