Pj Bupati Enrekang Hadiri HUT OTDA di Surabaya

Berita

Pj Bupati Enrekang H Baba menghadiri upacara HUT Otonomi Daerah ke XXVIII di Balaikota Surabaya. (Jumat 26/4).

Upacara HUT OTDA tingkat nasional diikuti oleh Gubernur, Bupati/ Walikota se-Indonesia. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

HUT OTDA kali ini memgangkat tema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat.

Pj Bupati H Baba menekankan pentingnya prinsip desentralisasi dan integrasi kebijakan ramah lingkungan, upaya pengendalian inflasi, penurunan stunting, dan penanggulangan kemiskinan menjadi prioritas dengan meningkatkan PAD untuk memperkuat ekonomi daerah.

Mendagru meminta kepada para kepala daerah agar melaksanakan konsep pembangunan berkelanjutan secara optimal dengan menerapkan model perekonomian ramah lingkungan.

“Ini juga tidak lain sebagai konsekuensi yang harus dilakukan, termasuk Indonesia terhadap bahaya di masa depan, yakni perubahan iklim,” ujarnya.

Oleh karena itu, Menteri Dalam Negeri menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk meningkatkan upaya pelestarian lingkungan sembari menjalankan sistem pembangunan.

“Kesejahteraan diarahkan memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien melalui berbagai terobosan kreatif dan inovatif yang mengedepankan kekhasan daerah untuk pemanfaatan segala potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam dengan cara bijak,” kata Tito