Siswa-siswi SD 1 Enrekang Sukses Terbitkan Buku

/Siswa-siswi SD 1 Enrekang Sukses Terbitkan Buku

Siswa-siswi SD 1 Enrekang Sukses Terbitkan Buku

ENREKANG — 20 siswa dari SD 1 Enrekang sukses menerbitkan buku. Buku tersebut diberi judul ‘Melukis Masa Depan’.

Buku setebal 60 halaman ini adalah antologi tulisan 20 siswa-siswi kelas V. Mereka dibimbing oleh gurunya, M Haris Syah yang menggagas Kelas Literasi di sekolah itu.

“Buku ini adalah kumpulan tulisan anak-anak, tentang dirinya, cita-citanya sekolah, pengalamannya, pelajaran favorit, harapan-harapan, orangtuanya, dan sebagainya,” jelas Haris.

Buku itu tidak terbit begitu saja, melainkan melalui proses cukup panjang. Anak-anak harus ikut 7-8 kali pertemuan Kelas Literasi (yang tuntas sebelum pandemi covid-19), pertemuan digelar di sekolah, taman, hingga perpustakaan daerah.

Masing-masing siswa kemudian mencari inspirasi tulisan, menulis dan mengumpulkan karya satu demi satu, dan melalui proses editing selama sebulan.

Naskah itu kemudian diterbitkan lewat penerbit lokal, Kulibuku Maspul. Meski demikian, buku ini ber-ISBN (International Standard Book Number) dari Perpustakaan Nasional.

Haris mengharap, buku itu menjadi inspirasi bagi anak-anak khususnya para penulis agar terus bersemangat mengejar mimpi- mimpi mereka.

Selain itu, Haris mengungkap urgennya penguatan literasi sejak usia SD. Sebab, berperan penting dalam kemampuan anak dalam menelaah pelajaran, berpikir kritis dan toleran serta berwawasan luas.

“Sehingga harapan kita, setiap sekolah di Enrekang memiliki program literasi masing-masing. Kalau perlu program satu sekolah satu buku,” harapnya.

Salahsatu penulis, Valent mengungkapkan kegembiraannya sebab karyanya dicetak dalam bentuk buku. “Belajar literasi dengan langsung menulis buku adalah pengalaman berharga dan menyenangkan,” kata siswa yang kini kelas VI ini.

Para penulis buku ini yakni; Ahmad Syajar Akhdar, Aina Khairatul Nisa, Athilah Zahra Ratifa, Azra Atiqa, Bahrul Ulum, Fadhil Arafah, Fadia Az Zahra, Fahriansyah Halim, Inayah Zhilfa, Ma’ruf Pradipta Yusma, Mentari Mulia, Muhammad Ahwan, Muh Fahri, Muh Gemilang Ash-Shiddiqiy, Muh Surya Alif, Muhammad Rafi, Nadiyah Edy Muchtar, Rifqah Nur Ayesa, Rivaldo Wijaksana, Valent Triputra Rahmani, dan Zalsabila Ramdhany.

Guru pembimbing dan para penulis menyampaikan terimakasih kepada jajaran UPT SD 1 Enrekang yang mendukung terbitnya buku ini, khususnya kepada H. Arifin, S.Pd., M.Si yang kini telah memasuki masa purnabakti, Kepala UPT SDN 1 Enrekang Syarifuddin, S.Pd., M.Si, serta para pendidik dan tenaga kependidikan.

Selanjutnya beberapa eksemplar buku tersebut rencananya juga akan diserahkan ke Perpustakaan Daerah, Dinas Pendidikan, dan beberapa tokoh literasi Sulsel. (humas)

By | 2020-10-05T00:12:41+00:00 October 5th, 2020|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment