Lirik Peluang PLTM, Investor Hongaria akan Investasi, Dana Awal 20 Juta Euro

/Lirik Peluang PLTM, Investor Hongaria akan Investasi, Dana Awal 20 Juta Euro

Lirik Peluang PLTM, Investor Hongaria akan Investasi, Dana Awal 20 Juta Euro

ENREKANG, —Memiliki Sumber air melimpah, Kabupaten Enrekang memiliki peluang besar untuk  pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro ( PLTM).

Karena itulah sejumlah Investor dari Hungaria mulai melirik Kabupaten Enrekang dan bahkan Bupati Enrekang  telah melakukan penandatanganan MOU dengan pihak Investor berlangsung di Pendopo Rujab Bupati, Selasa  (15/10/2019).

Sebelumnya Bupati Enrekang, H. Muslimin Bando menyambut Perwakilan dari Kedutaan besar Indonesia dari  Hungaria Bambang Waluyo Wahab dan drg. Bambang Irawan serta Perwakilan dari Investor Hungaria, Josef  Atyim, Lozlo dan Cristian di Rujab Bupati Enrekang.

Sekilas MB menjelaskan kekayaan yang dimiliki Kabupaten Enrekang antara lain, destinasi wisata, makanan khas  Enrekang dan juga kopinya.

” Intinya Pemkab Enrekang mendukung program yang akan dikerjasamakan dengan Hongaria. Semoga rencana  ini serius akan dilakukan di Enrekang dan tidak saja memberikan harapan seperti insvestor lain yang pernah  datang kesini”. Kata MB.

Untuk meyakinkan Pemerintah Kabupaten Enrekang, Bupati meminta pihak Hongaria memberikan jaminan  kepada Pemkab tentang rencana dan program tersebut.

Perwakilan Investor Hungaria, Josef Atyim mengatakan sebelumnya pihaknya hanya merencanakan  membicarakan mengenai Hydro power.

“Tapi setelah kami menikmati kopi di Resting House dan berbincang dengan Bupati, ternyata banyak sekali  kelebihan Kabupaten Enrekang yang kami lihat sehingga kita tertarik membahas banyak hal umtuk membangun  Enrekang kedepan”. Kata Josef dalam bahasa Inggeris yang diterjemahkan Perwakilan dari Kedutaan Besar  Indonesia di Hungaria Waluyo Wahab.

Josef mengatakan pihaknya aakan kembali lagi ke Enrekang satu bukan setelah hari ini untuk memulai eksplorasi  mengenai semua yang berpotensi untuk dibangun di Enrekang.

” Alhamdulillah ketika kami sampai disini sambutan Bupati dan masyarakat Enrekang begitu terbuka sehingga kita  tertarik untuk mengelola sumber daya alam dan sumber daya manusia di Enrekang. Kami punya perhitungan awal  20 juta EURO atau Rp 311.938.860.000 untuk membangun Enrekang kedepan,” katanya.

Dia berharap rencana kerjasama ini bisa terwujud, karena kedepan hal ini juga akan membantu meningkatkan  Pendapatan Asli Daerah.

Demikian kami ucapkan terima kasij semoga bisa terwujud karsna rencana ini juga, akan meningkatkan  pendapatan asli daerah.

Hendra, saksi penandatanganan MOU Pemkab Enrekang yang juga Kepala Bidang Kelistrikan dan PJU Dinas PU  Kabupaten Enrekang membenarkan jika di Kecamatan Buntu Bantu akan dibangun PLTM ditiga titik yaitu si  Langae, Karangan dan Pasui yang diberi nama Pasui I, II dan III.

” Ini untuk pengembangan Ketenaga Listrikan di Enrekang. Karena di Enrekang banyak potensi untuk membangun  Listrik dengan menggunakan tenaga air karena sumber airnya melimpah sepanjang tahun “. Kata Hendra.

PLTM ini bukan saja untuk skala Kabupaten Enrekang, tapi untuk Wilayah Sulawesi. 

By | 2019-10-16T06:19:31+00:00 October 16th, 2019|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment