Bupati Enrekang Siapkan Generasi Produktif dan Mandiri

/Bupati Enrekang Siapkan Generasi Produktif dan Mandiri

Bupati Enrekang Siapkan Generasi Produktif dan Mandiri

ENREKANG, — Bupati Enrekang, H. Muslimin Bando tak pernah kehabisan akal untuk mempersiapkan generasi muda usia produktif menjadi generasi yang siap mandiri dan benar – benar produktif dengan membekali mereka berbagai Skill.

Bupati tidak ingin jika generasi muda di Enrekang semakin hari semakin bertambah menjadi pengangguran tidak kerja dan akan jadi beban orangtua, keluarga dan Pemerintah.

Untuk itu sejak tahun 2018 Bupati bekerjasama dengan Britania fokus pada Program persiapan tenaga kerja untuk keluar Negeri. Meskipun sejak tahun 2015 dengan Britania, Pemkab Enrekang telah bekerjasama memberikan pelajaran bahasa Inggris untuk Putra Putri Enrekang.

Tahun 2018 sebanyak 60 orang generasi usia produktif telah mendapat pelatihan Bahasa Inggris dan pendidikan kepribadian atau pendidikan karakter dari Britania.

Bupati mengatakan 60 persen dari anak – anak itu saat ini sudah bekerja baik dikapal pesiar maupun diperhotelan.

Dia berharap sisanya akan mendapatkan pekerjaan seperti yang mereka inginkan.Hal tersebut disampaikan Bupati pada acara Deuthschtraining / Pelatihan Bahasa Jerman  untuk persiapan magang di Jerman, yang berlangsung di Pendopo Rujab Bupati, Jumat (18/10/2019).

“Sebanyak 60 orang generasi muda itu kita persiapkan untuk naik dikapal pesiar dan masuk diperhotelan, untuk itu selain kita beri keterampilan bahasa Inggris, mereka juga dibekali keterampilan perhotelan dan kapal pesiar”. Kata Bupati.

Tahun 2019 Pemkab kembali membuka program bagi generasi muda Enrekang untuk  ikut pelatihan Bahasa Jerman sebagai persiapan magang dan bekerja di Jerman. Tahap awal pelatihan ini akan diikuti sebanyak 30 orang dan akan mengikuti pelatihan selama 6 hingga 7 bulan di Makassar.

Program yang dilakukan Pemkab Enrekang melalui Dinas koperasi,UMKM, Nakertrans Kab. Enrekang adalah salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran tidak kentara yang setiap tahun terus bertambah di Enrekang.

“Kita berharap program ini akan menjadikan Pilot Project untuk merangsang generasi muda lainnya ikut dalam program ini juga. Untuk itu tahun 2020 kita anak anggarkan kembali karena ini adalah salah satu upaya menurunkan angka pengangguran tidak kentara “. ujarnya.

Untuk mengikat agar 30 Peserta tersebut betul – betul komitmen mengikuti program belajar maka orang tuannya dilibatkan dan diminta untuk menandatangi surat pernyataan mendukung program yang dijalan anak mereka selama dalam proses belajar.

Sementara itu Direktur Britani Saharuddin Pata atau yang akrab disapa Mr. Syah mengatakan,  keberadaan Britania di Kabupaten Enrekang adalah untuk membantu merealisasikan program Pemkab Enrekang terutama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dibidang bahasa dan pendidikan karakter.

“Namun didua tahun terkhir ini program kita fokus penyiapan tenaga kerja siap pakai. Yang pertama kami lakukan tahun lalu dibidang Perhotelan dan kapal pesiar dan kapal niaga dan Alhamdulillah 60 persen sudah terserap”. Kata Sahar.

Dia mengatakan yang ikut dikapal Pesiar mereka sudah berlayar ke Asia Timur seperti Korea, Jepang dan Rusia sementara yang diperhotelan masih seputar Indonesia.

By | 2019-10-19T09:12:16+00:00 October 18th, 2019|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment