Bupati Enrekang Pimpin Pemburuan Hama Babi

/Bupati Enrekang Pimpin Pemburuan Hama Babi

Bupati Enrekang Pimpin Pemburuan Hama Babi

Enrekang – Ribuan warga Enrekang Sulawesi Selatan melakukan perburuan hama babi liar. Pemburuan hama babi liar dipimpin Bupati Enrekang, Muslimin Bando.Perburuan yang dipusatkan di Kecamatan Anggeraja Desa Bamba Puang, menjadi penutup kegiatan ma’rangan atau berburu sebelum memasuki musim tanam.

Babi menjadi hama bagi petani wilayah kabupaten Enrekang, mamalia bertaring panjang ini menjadi musuh petani karena suka merusak tanaman, bahkan jika tidak diantisipasi dapat menjadikan petani gagal panen.

“Masyarakat pemburu hama babi adalah pahlawan pangan Enrekang, keberhasilan produksi tanaman jagung, padi, ubi, sayuran dan tanaman lainnya tidak terlepas dari kegiatan ma’rangan, kata Bupati Enrekang H.Muslimin Bando sebelum memulai perburuan massal di Buttu Macca Kotu Enrekang, Minggu (8/12/2019)

Menurutnya, berburu yang dilakukan warga dengan bersenjatakan tombak, senapan dan ratusan anjing pemburu oleh kaum pria, dan momentum ini juga dijadikan ajang bersilaturahmi dan berkumpul dengan seluruh komunitas ma’rangan dari perwakilan 12 kecamatan yang ada di kabupaten Enrekang.

“kegiatan ini jadi penutup perburuan massal hama babi liar di tahun 2019, dan akan tetap menjadi agenda rutin pada tahun berikutnya dengan system bergilir disetiap kecamatan,” tambah Bupati Enrekang H.Muslimin Bando.

Salah seorang warga Desa Bambapuang Abd Rais mengatakan, setelah berkumpul, warga lalu menentukan lokasi yang akan menjadi sasaran berburu.

“Setelah itu anjing dilepaskan dan warga mengikuti anjing dari belakang sampai ketemu babi,”ujar Rais.

Daftar peserta ma’rangan atau berburu yang terdata dari perwakilan kecamatan, menyebutkan perburuan massal hama babi mencapai 2500 orang dengan jumlah anjing pemburu sebanyak 250 ekor. (McEnrekang.Lubis)

By | 2020-02-07T02:58:29+00:00 December 9th, 2019|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment