Berhasil Jadikan Desa Tapong Terbaik Nasional, Bupati Enrekang Didaulat Jadi Pemateri Di UNIBOS Makassar

/Berhasil Jadikan Desa Tapong Terbaik Nasional, Bupati Enrekang Didaulat Jadi Pemateri Di UNIBOS Makassar

Berhasil Jadikan Desa Tapong Terbaik Nasional, Bupati Enrekang Didaulat Jadi Pemateri Di UNIBOS Makassar

Enrekang.- Bupati Enrekang Muslimin Bando didaulat menjadi pemateri, pada Seminar Nasional di Aula Aksa Mahmud Universitas Bosowa (UNIBOS) Makassar, Senin (14/9/2019). Seminar itu mengangkat tema ‘peran perguruan tinggi dalam mewujudkan desa yang mandiri, kuat, maju, dan sejahtera’.

Kehadiran Muslimin Bando, tak lepas dari prestasi Pemerintah Kabupaten Enrekang selama ini dalam membangun desa ditengah segala kendala dan tantangannya. Baru-baru ini, Desa Tapong Enrekang sukses menjadi yang terbaik pada lomba nasional Hatinya PKK.

Muslimin Bando memaparkan, desa adalah subjek Utama dalam menyongsong pembangunan nasional. Sebagaimana terkandung pada Nawacita Presiden yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Kemajuan Indonesia sekarang ini dapat diukur dari seberapa sejahterah penduduk desanya.,” kata Bupati Enrekang.

Bupati dua periode ini menyebut, membangun dari pinggiran ini sudah ia gencarkan sejak dari periode pertama. Misalnya membangun infrastruktur jalan dari daerah pinggiran seperti Latimojong, sehingga memudahkan masyarakat desa untuk memasarkan hasil pertaniannya.

Kedepan, MB bakal menyelenggarakan lomba desa serentak pada 2020, dengan Desa Tapong sebagai percontohan. Yang dinilai adalah keindahan taman, kebersihan rumah, cara desa untuk menekan angka stunting, tingkat pendidikan, dan ketersediaan perpustakaan.

“Khusus perpustakaan ini, kita menaruh perhatian khusus. Setiap desa harus memiliki perpustakaan berbasis digital. Fungsinya bukan sekadar mencerdaskan masyarakat, tetapi juga membantu mengembangkan kegiatan usaha desa,” tandasnya.

Hadir pada acara itu, Drs. Aferi Syamsidar Fudail, M.Si selaku Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintah Desa Kemendagri, Andi Irwandi Natsir, S.sos, M.Si selaku Anggota DPRD Sulsel, Haeruddin S.Sos, M.Si selaku anggota DPRD Wajo, Rektor UNIBOS Prof. Dr. Ir. H. Muh. Saleh Allu, M.Eng, Guru Besar Ilmu Hukum UNIBOS Prof. Dr. Marwan Mas, SH, MH, Prof. Dr. Ir. Batara Surya, M.Si., Wakil Direktur IPDN Sulsel Drs. Suaib M.Si dan para Kepala Desa Se Sulsel yang sempat hadir, khususnya Kepala Desa Tapong Enrekang. (McEnrekang.Lubis)

By | 2019-10-14T07:44:12+00:00 October 14th, 2019|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment